MASALAH EKONOMI DAN
SISTEM PENGATURAN EKONOMI
Keadaan yang menimbulkan masalah-masalah ekonomi telah sepintas lalu telah diuraikan. Masalah
ekonomi timbul sebagai akibat dari ketidakseimbangan di antara keinginan
manusia untuk mendapatkan barang dan jasa dengan kemampuan faktor-faktor
produksi menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan tersebut.
Keinginan manusia jumlahnya adalah jauh melebihi kemampuan factor-faktor
produksi yang tersedia untuk memenuhinya. Oleh karena itu masyarakat harus
membuat pilihan-pilihan sehingga mereka dapat mencapai kesejahteraan yang
paling tinggi dalam menggunakan factor-faktor yang tersedia.
Beberapa masalah pokok dalam Perekonomian
Kegiatan ekonomi dalam suatu
masyarakat modern adalah sangat kompleks. Kegiatan tersebut meliputi berbagai
jenis kegiatan produksi, konsumsi dan perdagangan. Berdasarkan kepada corak
analisis dalam ilmu ekonomi, ahli-ahli ekonomi telah dapat membagikan berbagai
masalah ekonomi yang dihadapi suatu masyarakat kepada tiga persoalan pokok.
1. Apakah
barang dan jasa yang harus diproduksi dan dalam jumlah berapa? (What)
2. Bagaimanakah
caranya memproduksi barang dan jasa tersebut? ( How ).
3. Untuk
siapa barang dan jasa tersebut diproduksi? (For Whom)
Menentukan Barang dan Jasa yang harus diproduksi, Persoalan ini
maha penting karena ia merupakan factor yang terutama yang akan menentukan
corak penggunaan factor-faktor produksi. Barang dan jasa yang dihasilkan dalam
suatu perekonomian sangat banyak jenisnya, yaitu dari barang yang sangat
sederhana(misalnya beras dan tape) kepada barang yang sangat kompleks(misalnya
kapal terbang). Setiap tahun suatu perekonomian harus menentukan jenis-jenis
barang yang diperlukan oleh masyarakat dan jumlah dari barang dan jasa
tersebut.
Menentukan Cara Barang Diproduksi, Ada beberapa cara untuk
menghasilkan suatu barang, misalnya dalam bidang pertanian, dalam sector
pertanian, sejumlah produksi tertentu dapat dihasikan dengan menggunakan tanah
yang luas, atau dapat pula dicapai dengan menggunakan lebih banyak menggunakan
modal dan teknologi yang lebih tinggi. Dalam menghadapi pilihan demikian, yaitu
apakah menggunakan lebih banyak tanah atau menggunakan lebih banyak modal dan
teknologi modern, pertanyaan berikut timbul
cara yang manakah yang lebih sesuai?, Masalah efesiensi merupakan salah
satu factor yang akan dijadikan dasar dalam melakukan pemilihan tersebut.
Menentukan Untuk Siapa Barang-Barang Diproduksi. Masalah
selanjutnya yang harus dipikirkan masyarakat adalah “ Bagaimanankah pendapatan
keseluruhan masyarakat didistribusikan kepada berbagai golongan dan individu
dalam masyarakat itu? Untuk menjawab persoalan ini, yang pertama sekali harus
dilakukan adalah melihat cara-cara pendapatan dari factor-faktor produksi
ditentukan. Disinia yang diperhatikan adalah bagaimana caranya upah, tenaga
kerja, sewa tanah, bunga modal dan keuntungan para pengusaha ditentukan.
Analisa ini akan memberikan jawaban kepada persoalan bagaimana pendapatan
keseluruhan masyarakat didistribusikan. Hal ini juga dipikirkan, Bagaimana
pendapatan keseluruhan masyarakat didistribusikan dan apakah distribusi itu
sesuai dengan kepentingan keseluruhan masyarakat.
BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI DALAM ANGKA
Dua langkah perlu dibuat untuk
menentukan batas kemungkinan produksi dan
kurva kemungkinan produksi. :
1. Membuat
beberapa pemisalan atau asumsi mengenai keadaan yang berlaku dalam
perekonomian.
2. Membuat
contoh angka mengenai tingkat produksi yang akan dicapai, tingkat produksi yang
digambarkan harus dengan pemisalan-pemisalan yang digunakan
Beberapa Pemisalan yang
digunakan, Dalam menerangkan batas kemungkinan produksi dan curva kemungkinan
produksi perlu digunakan beberapa pemisalan penyederhanaan berikut :
a. Semua
faktor produksi sepenuhnya digunakan , maksudnya adalah bahwa(1). Semua tenaga
kerja yang tersedia dipekerjakan (2). Kapasitas alat-alat produksi sepenuhnya
digunakan. Sebagai akibat dari pemisalan ini tingkat produksi mencapai jumlah(nilai)
yang paling maksimum.
b. Jumlah
factor-faktor produksi tidak dapat ditambah, Tetapi gabungan penggunaan mereka
boleh diubah-ubah sehingga dapat menghasilkan barang-barang yang sesuai dengan
keinginan masyarakat.
c. Tingkat
teknologi tidak mengalami perubahan. Sebagai akibat dari pemisalan ini
produkstivitas berbagai factor produksi adalah tetap.
d. Dalam
perekonomian hanya dapat dihasilkan dua jenis barang. Dalam contoh dimisalkan
barang itu adalah barang Industri dan barang pertanian.
e. Biaya
kesempatan semaikin meningkat. Yang diartikan dengan biaya kesempatan adalah
besarnya pengurangan produksi suatu barang yang harus dilakukan untuk menambah
produksi barang lain
Tingkat Produksi yang dapat
dicapai. Berdasarkan pemisalan diatas sekarang dapat ditunjukkan suatu gambaran
hipotesis mengenai gabungan barang industry dan pertanian yang mungkin
dihasilkan oleh berbagai gabungan factor-faktor produksi yang digunakan seperti
Tabel :
Komposisi Dua Barang
Yang Dapat Dihasilkan
Gabungan Faktor
Produksi
|
Barang Industri
( Unit)
|
Barang Pertanian
( Unit)
|
A
|
0
|
5
|
B
|
5
|
4
|
C
|
9
|
3
|
D
|
12
|
2
|
E
|
14
|
1
|
F
|
15
|
0
|
Brg.Pertanian
Kurve Kemungkinan Produksi
5 ●
A
4 ● B
3 ● C
2 ● D
1
● E
0
● F
5 9 12
14 15 Barang Industri
Gambar diatas,
sumbu tegak menunjukkan nilai produksi barang pertanian dan sumbu datar
menunjukkan nilai produksi barang industry. Setiap titik pada kurva ABCDEF
menggambar gabungan produksi barang pertanian dan barang industry yang akan
diproduksikan apabila factor-faktor produksi sepenuhnya digunakan. Sebagai
contoh titik C menggambarkan perekonomian itu hanya mampu menghasilkan 9 barang
industry dan 3 barang pertanian apabila factor-faktor produksi sepenuhnya
digunakan.
Titik A, B, C
dan titik lainnya menggambarkan gabungan produksi barang industry dan barang
pertanian seperti yang ditunjukkan dalam Gambar diatas Kurve yang digambarkan
melalui titik A,B,C,D,E dan F dinamakan curve
kemungkinan produksi atau batas kemungkinan produksi. Kurva ini
menggambarkan batas produksi yang paling
maksimum yang dapat diproduksi dalam perekonomian. Setiap titik dalam curva
itu menggambarkan gabungan produksi
maksimun barang industry dan barang pertanian yang dapat diproduksi.
Sekiranya perekonomian itu menginginkan lebih banyak barang barang industry
maka untuk memenuhinya produksi barang pertanian harus dikurangi Dan sebaliknya
sekiranya diinginkan lebih banyak barang
pertanian, produksi barang industrI dikurangi.
Biaya
Kesempatan(opportunity Cost), Oleh karena factor2 produksi sudah sepenuhnya
digunakan untuk memperbanyak produksi suatu barang, produksi barang yang lain
harus dikurangi(dikorbankan). Berapakah produksi barang lain yang harus
dikorbankan? Ini dapat dilihat dalam gambar diatas :
- Apabila
barang pertanian dinaikkan dari 0 ke 1 produksi Barang industri turun
15-14 =1(korbankan)
- Bila barang
pertanian ditambah lagi dari 1 ke 2 produksi barang pertanian turun 14-12 =2(korbankan) dan seterusnya akan lebih
banyak pengorbanan. Untuk pengorbanan ini dinamakan biaya kesempatan atau dalam
istilah inggerisnya Opportunity cost
PENGANGGURAN, PENGHAMBURAN DAN KEADAAN YANG
“TIDAK TERCAPAI”
Dalam
perekonomian keadaan di mana factor-faktor produksi sepenuhnya digunakan bukanlah keadaan yang
selalu berlaku, tetapi perlu membuat gambaran mengenai kegiatan memproduksi
yang lebih mendekati kenyataan adalah perlu membuat pemisalan yang berbeda
mengenai analisis sebelumnya tentang penggunaan factor-faktor produksi.
Pengangguran
Kita misalkan
bahwa dalam proses produksi ada tenaga kerja yang menganggur dan faktor2
produksi lainnya tidak sepenuhnya digunakan, maka pemisalan yang baru ini
bagaimanakah tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai digambarkan?. Apakah ada
pengangguran tenaga kerja dan faktor2 produksi lainnya tidak sepenuhnya
digunakan, maka gabungan barang2 yang diproduksi tidak akan mencapai gabungan
yang maksimun, maka didalam gambar dibawah ini akan menunjukkan bahwa kurva kemungkinan produksi tidak berada
pada A<B<C>D>F tetapi berada di dalam OAF, seperti yang
diitunjukkan titik G. ini berarti titik G menggambarkan bahwa gabungan
prooduksi barang Industri dan barang
pertanian tidak mencapai maksimum dan di dalam perekonomian berlaku pengangguran
factor-faktor produksi
Brg.Pertanian
Penganggunran,penghamburan dan keadaan yang tidak tercapai
5 ●
F
4 ● E ● H
● D
2 ●C
● B
●G
0 ●A
5
12 15 Barang Industri
Penghamburan
Selain faktor-faktor produksi
tidak sepenuhnya digunakan, dititik G, (didalam OAF) dapat pula digunakan untuk
menggambarkan bahwa faktor-faktor produksi digunakan sepenuhnya tetapi tetapi
tidak secara efesien, dimana petani disuruh kerja di kantor, pegawai disuruh kerja
di sawah(bertani). Dengan demikian menempatkan pekerja yang tidak sesuai
keahliannya sehingga menimbulkan inefesiensi penggunaan factor-faktor produksi
dan produksi tidak dapat mencapai tingkat yang maksimun. Keadaan seperti ini
dapat dipandang sebagai penghamburan dalam menggunakan factor-faktor produksi.
Tingkat Produksi yang tidak tercapai
Pada gambar di atas dapat pula
dilihat bahwa titik H berada diluar OAF. Titik H menggambarkan gabungan
produksi barang industry dan barang pertanian yang lebih besar dari jumlah
maksimum yang dapat diciptakan oleh pereonomian Titik H menggambarkan gabungan
12 unit barang industru dan 4 barang pertanian, pada gambar sebelumnya
dengan 12 unit barang industry akan
memperoleh barang pertanian 2 unit. Atau 4 unit barang pertanian diproduksi
maka hanya 5 unit barang industry yang diperoleh. Jelaslah bahwa gabungan
barang industry barang industry dan barang pertanian yang ditujukan oleh titik
H tidak mungkin diproduksi. Titik H adalah keadaan yang tidak dapat dicapai.
SISTIM-SISTIM PEREKONOMIAN
Berbagai perekonomian yang ada
didunia ini diorganisasikan secara berbeda-beda. Bentuk organisasi perekonomian
tersebut sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai kebudayaan, pandangan politik dan
idelogi ekonomi dari masyarakat
tersebut.( Kars Mart , Komunisme Awal, Feodalisme, Kapitalisme, Sosialimen,
Liberalisme dan Komunisme Akhir)
Dalam garis besarnya organisasi
perekonomian yang pernah ada atau sedang diperaktekkan diberbagai Negara, dapat
dibedakan menjadi tiga bentuk.:
1. Sistem pasar bebas atau Laissez-Faire, Dalam teori ekonomi dan dalam keadaan yang
sebenarnya system pasar bebas atau system Laissez Faire, merupakan sistim
ekonomi yang paling ideal. Oleh sebab itu pada masa ini semakin banyak Negara
yang melaksanakan system ini dengan sebaik-baiknya.
Kata Laissez-Faire, berasal dari
bahasa Perancis dan ia pada hakekatnya berarti biarkan mereka melakukan
pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka.Maka pada khakekatnya dalam
system laissez faire, anggota masyarakat diberikan kebebasan yang sepenuhnya
untuk menentukan keadaan ekonomi yang ingin mereka lakukan;
Yang dimaksud dengan Kebebasan penuh
di dalam kegiatan ekonomi, yang dimaksud dengan ungkapan tersebut adalah suatu
system ekonomi di mana pemerintah sama sekali tidak campur tangan dan tidak
berusaha mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dllakukan masyarakat. Seluruh
sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasai anggota2 masyarakat dan mereka
mempunyai kebebasan penuh untuk menentukan bagaimana ssumber-sumber daya
tersebut digunakan. Sistem pasar bebas atau mekanisme pasar dapat menciptakan
efesiensi yang cukup tinggi dalam mengatur kegiatan dalam perekonomian.
Mekanisme pasar merupakan system ekonomi yang telah memungkinkan pertumbuhan
ekonomi di Negara-negara barat.
2. Sistem ekonomi campuran, adalah sitem ekonomi, adalahsistem ekonomi
yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah tetapi masyarakat masih mempunyai
kebebasan yang cukup luas untuk menentukan kegiatan kegiatan ekonomi yang ingin
mereka jalankan. Mekanisme pasar masih tetap memegang peranan penting dalam
menentukan corak kegiatan ekonomi dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam
masyarakat.
Tujuan campur tangan pemerintah adalah untuk menghindari
akibat-akibat yang kurang menguntungkan dari pasar bebas. Misalnya golongan
lemah makin lama makin tertindas dan golongan kuat makin memperkukuh
kedudukannya. Bentuk campur tangan pemerintah yaitu(1). Berupa
peraturan-peraturanbertujuan untuk mengatur dan mengawasi kegiatan ekonomi
(2).secara langsung melakukan kegiatan ekonomi, dinegara kita campur tangan tersebut seperti banyaknya
perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah. (3) campur tangan pemerintah dalam
melaksanakan kebijaksanaan fiscal( kebijaksanaan pajak dan pengeluaran
pemerintah) dan kebijaksanaan monete dengan tujuan agar perekonomian dapat
berkembang dengan pesat dan secara teratur tanpa mengalami masalah inflasi.
3. Sistem Ekonomi Perencanaan Pusat,
sistim ekonomi ini diperaktekkan dinegara=Negara komunis, ia merupakan system
ekonomi dimana pemerintah sepenuh-penuhnya menentukan corak kegiatan ekonomi
yang akan dilakukan. Pemerintah yang menentukan barang apa yang akan
diproduksi, dan menentukan bagaimana cara memproduksinya,. Sistem ekonomi
perencanaan berkeyakinan bahwa pemerintah akan menjalankan fungsi-funsi
tersebut dengan lebih efesien dari pada yang dapat dilaksanakan dalam system
pasar bebas. Untuk menjamin kelancaran usaha2 dalam system ekonomi perencanaan
pusat maka alat-alat modal dikuasai dan dimiliki oleh pemerintah.
Kritikan terhadap Sistem Ekonomi Bebas
Analisis
Eric Fromm sangat berguna untuk meneropong kebudaan barat yang melahirkan
sistim ekonomi kapitalisme. Disatu pihak benar bahwa kebudayaan barat
melahirkan kepribadian yang bebas, mandiri, pejuang yang kuat dan berlandasakan
pada percaya kepada diri sendiri, namun dilain pihak melahirkan suatu
masyarakat dengan struktur yang goyah. Menurut Prof. Herman Soewardi, dasar dari
pada segala macam kegoyahan itu adalah insercurity feeling atau ketiadaan
perasaan aman, atau ketiadaan ketenangan batin, maka pada individu dengan
kepribadian yang “resah”. kapitalisme
yang tema sentralnya adalah kebebasan atau freedom, rasionalitas dan
individualisme
Gambaran
secara alur logika sebagai berikut :
Ketidak tenangan batin Hasrah berkuasa
(
insercurity feeling )
Kebebasan
Konflik
Persaingan
( Gonto2kan)
Karena tiadanya ketenangan
batin, maka orang selalu merasa risau akan kehabisan oleh orang lain maka ia
harus berkuasa, demikian pada orang sesamanya, iapun harus berkuasa. Demikian pada orang sesamanya, iapun harus
berkuasa. Karena itu hubungan sesama manusia adalah kalah mengalahkan atau
lenyap melenyapkan, inilah konflik. Adapun muka lain dari konflik adalah
persaingan atau gonto-gontokan, di bidang politik hasrat berkuasa ini ( lust
for power ) dapat menjelma seperti dalam diri Stalin, Hitler dan Musolini. Di bidang ekonomi menjelma menjadi
pemusatan kekayaan pada pada beberapa kelintir orang( di negara kita disebut
konglomerat ). Dan ketimpangan dalam masyarakat, yang disebut renggut ialah
merenggut hak orang lain. Disamping itu menimbulkan kerusakan alam disebut
gejala ini “rusak” sehingga lengkaplah akibat dari kebebasan itu. Hal ini dalam
kesimpulan Prof Herman Soewardi menyatakan bahwa dalam perekonomian menimbulkan
“resah”, “renggut”, dan “rusak” dan dalam politik menimbulkan ke otoriteran seperti
Komunisme, Nazisme dan Fasisme.
Assalamualaikum
BalasHapusMateri yg bapak berikan sangat membantu, terimakasih
ass.saya sangat salut dengan kuliah semalam,terselip siraman rohani yg bisa memotivasi kami,terima kasih pak,semoga ilmu kita bermanfaat dunia dan akhirat.mhn juga dikirim materi ke email : ardim@rocketmail.com
BalasHapusAsslm..
BalasHapusMateri yg bapak berikan sangat membantu dalam dalam proses pembelajaran, terimakasih pak. Mohon juga dikirim materi terdahulu sampai materi terakhir ke email: jumawalia@yahho.co.id
Assalamu Alaikum.
BalasHapusMohon bantuannya pak untuk mengirimkan semua materinya ke email saya
batmancyber@ovi.com
Terimakasih
materinya saya suka pak,...tolong di send ke email saya pak
BalasHapusterimah kasih atas bimbingan bpk,..sukses seLaLu
by_ Hardiyanti Rian Utami
fadlypadhe@rocketmail.com
assalamu alaikum wr. wb..
BalasHapusTujuan seorang guru bukanlah menciptakan siswa-siswanya menurut pandangannya, tapi mengembangkan siswanya yang mampu menciptakan pandangan mereka sendiri..
dan Pak Abbasaleh telah melakukannya dengan baik
salut buat Ayahanda Abbassaleh yg telah mengajarkan ilmu dunia dan petuah akheeerat...
from : mursalim / pra MM2 - 2012
mursalim_bestboys@yahoo.com
Assalamualaikum Pak! Saya Zandy Zain, mahasiswa bapak di PPs UMI MM3. Bisa minta tolong kirimkan Materi kuliah bapak ke e-mail saya "zandyzain@gmail.com". Terima Kasih sebelumnya karena sudah mengajar saya.
BalasHapusAssalamualaikum Pak!
BalasHapusminta tolong dikirim materi kuliah bapak dari kuliah awal sampai akhir ke e-mail saya v3stikom@yahoo.co.id...an. fitri mahasiswi PPs UMI MM4..terima kasih sebelumnya Pak....
ass,, maksih materinya pak,, mohon materi selanjutnya dapat dikirim melalui email lia.razak@gmail.com.
BalasHapusWassalam, Muflihah Razak
ANDI SUKMAJAYA (MM 3)
BalasHapusAsss wr wbb mksh pa atas materi dan gaya bpk dlm memberkn materi di klS KAMI merasa puas krn sering disertai dgn nasehat srt guyonnnnng dan mhn dapatnya klau ada materi utk MM 3 klau tdk kberatan kiranx duikirimkn jg ke emali kami " andisukma56@gmail.com " trims ats sglx wslmmmm
Asslkm Wr Wb.
BalasHapusMohon di kirimkan materi bapak dari awal sampai akhir.
Terima kasih sebelumnya.
Tri Subegti F. Muin
Kelas MM2
assalam alayk..
BalasHapusSbelumnya Mohon Maaf Lahir Batin pak, atas segala khilaf dan kekurangan yg pernah terjadi diantara kita, memasuki Ramadhan tahun ini semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan kesehatan dan melewati Ramadhan ini dengan penuh barokah, insya allah..
selama perkuliahan saya tidak full masuk materi kuliah bapak, semoga sepanjang ramadhan setelah bapak mengirimkan materi dari perkuliahan awal hingga akhir atau ditambahkan pula dari keilmuan yang lain dapat menambah persiapan menghadapi ujian nantinya..
terima kasih sebelumnya pak, semoga kita semua senantiasa diridhai dan dimudahkansegala urusannya oleh Allah SWT..
amin..
Muh. Irham Hafid/ Pra-MM2
Irham.Hafid@gmail.com
wassalam
Asslkm Wr Wb.
BalasHapusMohon di kirimkan materi perkuliahan bapak dari awal sampai akhir.
Terima kasih sebelumnya, semoga dibulan suci Ramadhan ini Bapak sekeluarga dan kita semua diberi kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah Puasa, Amin.
Amrullah
Kelas MM2
andiamrullah301265@gmail.com
ditunggu materi selanjutnya Pak..
BalasHapusKelas MM4
nurhidayati.idha@gmail.com
Assalamualaikum Pak!
BalasHapusKarena masih bulan Syawal tidak ada salahnya kalau saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1433 h, mohon maaf lahir batin dan semoga amal ibadah puasa kita diterima Alloh SWT. amin.
Mohon ijin untuk mengambil materi kuliah pak, dan kalau bapak tidak berkeberatan mohon bantuannya dapat diposting ke email saya di ekoput419@gmail.com.
terima kasih sebelumnya pak, semoga kita semua senantiasa diridhai dan dimudahkan segala urusannya oleh Allah SWT..
amin
wasalamu'alakum wr.wb.
agus eko (MM3)
Assalamu 'alaikum...
BalasHapussaya follow blog-nya ya pak... :)
Irna Afranisa Yana
kelas MM-6 (pra Magister Manajemen 2012)
email : afra17154@gmail.com
Assalamu Alaikum wr. wb.
BalasHapusSehubungan dengan mata kuliah yg bpk bawakan,, sy meminta bantuan agar kiranya bpk dapat mengirimkan materinya melalui email
dias_indigo@yahoo.co.id
Atas perhatiannya sy ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu alaikum wr. wb.....
Muhammad Said M
Kelas : MM-6
Assalamu'alaikum wr.wb...
BalasHapusmaaf pak, bisa minta tolong dikirimkan materi P.ekonomi pembangunan....
nama;chandra
kls;AL 2
nis;02320100313
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusMaaf Pak Mohon Izin sy untuk copy Materinya dan kalau boleh bisa di kirim melalui Email saya ( Suke39Just@yahoo.co.id )
Terima Kasih,
Hormat Saya :
SUKMAWATI.S
Mahasiswi PPs UMI MM-6
Selamat Pagi Pak. mohon dikirim materinya ke alamat email saya
BalasHapuschitrasukmwaty11@gmail.com
Terimakasih.
Di Copas aja ...
Hapusassalamualaikum wr.wb.
BalasHapusmaaf pak, bisa minta tolong dikirimkan materi bapak dari pertemuan awal sampai akhir, sebagai bahan ujian pra semester..
ini email saya ( adhy_kemonk@yahoo.co.id )
terima kasih sebelumnya
hormat saya,
RUSADI ANWAR
Mahasiswa PPs UMI MM-6
Assalamu alaikum .....
BalasHapusmaksih pak materinya kuliahnya pak . . .
tolong pak d kirim materi selanjutnya pak.....
ilham.fattah113@gmail.com
Ilham A. Fattah
02320100358
AL2 / N301
Asslkm Wr Wb.
BalasHapusmaksih pak materinya kuliahnya pak . . .
Mohon di kirimkan materi bapak dari awal sampai akhir... melalui email,,,, azwan.ruslim@yahoo.com
Terima kasih sebelumnya.
Azwan.ruslim
02320100107
AL1/NB305
Aslkm Wr,Wb...
BalasHapusSebelumnya sy ucapkan terima kasih telah mengajar materi ini di kelas kami...
Mohon bapak berkenan mengirim materi ini ke email sy dyazh.rsws@gmail.com
trims sebelumnya pak..
Mardhiah
MM-1 Pra 2012/2013
ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb.
BalasHapusTerimah kasih banyak atas materi yang bapak sajikan diblog bapak, semoga bermanfaat bagi mahasiswa bapak dan pembaca blog ini.
Dwiyan Wirabuana P
02220110225
Exkt.2011
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum wr.wb
BalasHapusluar biasa.. terima kasih untuk blog yang Bapak punya, sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa.
Nama : Mujahidin
No STB : 02220120100
Kelas : EXKT N.207/208 eko.manajemen (minggu 15.30 wita)
Nama : Ridwan
STB : 02220120309
kelas : EXKT N.207/208 eko.manajemen (minggu 15.30 wita)
wassalam
Assalamu alaikum wr.wb
BalasHapusSangat membantu,,,maksih materi kuliahnya pak,..!!!
izin copy...terimakasi.
Nama :Erni Lawati Dati
Stb : 02220130315
Kls : B4/NB404
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
BalasHapusTerima kasih Bapak atas materi kuliah yang diberikan semoga materi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi saya dalam proses perkuliahan.
Nama: Aqil Haq
Stabuk: 02320140138
Kelas: A2 akuntansi
Assalamualaikum wr.Wb
BalasHapusTerimakasih bapak atas materi yang di berikan sangat membantu saya untuk lebih memahami dan menambah ilmu saya mengenai Ekonomi pembangunan.
Nama : irwan hidyat ibrahim
No.Stmbk: 02320140480
Kelas : A2 akuntansi
Assalamualaikum wr.Wb
BalasHapusTerimakasih bapak atas materi yang di berikan sangat membantu saya untuk lebih memahami dan menambah ilmu saya mengenai Ekonomi pembangunan.
Nama : Elisnawati
No.Stmbk: 02120150029
Kelas/jam : C1 (Ilmu ekonomi studi pembangunan)/ 07:00-09:15