Minggu, 20 Mei 2012

Bahan Kuliah VI (Enam)


ORGANISASI KOPERASI DALAM SISTIM PASAR

            Dasar Keputusan Memasuki Koperasi.
                   Mengapa dan kapan seseorang akan masuk menjadi anggota koperasi? Individu itu akan menjadi anggota koperasi atau akan mempertahankan keanggotaannya( Tetap menjalin usaha dengan koperasinya), jika mereka mengharapkan bahwa kegunaan(utility) yang dapat mereka peroleh dari koperasi lebih besar dari pada manfaat tidak menjadi anggota koperasi, misalnya dengan melakukan usaha dalam organisasi non koperasi atau pesaing koperasi.
                  Kegunaan(utility) dalam hal ini, bermakna(dipahami) sebagai “Nilai subyektif” dari sebuah alternatif atau pilihan yang terbuka bagi seseorang. Jika seseorang lebih mnyukai sebuah jeruk dari pada tiga buah apel, maka sebuah jeruk lebih ”berguna” bagi orang tersebut daripada tiga apel tadi. ”Nilai” itu mencirikan kapasitas yang potensial bagi suatu objek atau kegiatan untuk memuaskan kebutuhan manusia.
                  Jika koperasi memberikan tingkat kepuasan yang lebih tinggi bagi seseorang dari pada organisasi lainnya, hal ini memiliki makna yang sederhana, bahwa koperasi lebih mampu memuaskan keinginan-kinginan manusia anggotanya. Hipotesis dasar yang membahas tentang keanggotaan koperasi dapat diformulasikan sebagai berikut:
Manfaat koperasi > manfaat non-koperasi, atau
Manfaat koperasi > manfaat pesaing, atau
Keunggulan/keuntungan berkoperasi > keunggulan pesaing
         Jika koperasi memberikan tingkat kepuasan yang lebih tinggi bagi seseorang dari pada organisasi lainnya, hal ini memiliki makna yang sederhana, bagi koperasi lebih mampu memuaskan keinginan-keinginan manusia anggotanya.
         
         Jika manfaat(utility) atau keunggulan yang diberikan oleh koperasi bagi seseorang lebih tinggi dari utility yang dapat diperoleh/dicapai olehnya pada saat ia tidak menjadi anggota koperasi, maka orang tersebut akan masuk menjadi anggota koperasi dan melakukan usaha dengan koperasinya atau dengan kata lain, koperasi dapat menarik anggotanya. 

Dasar Keputusan Memasuki Koperasi

Keanggotaan dalam suatu koperasi                                Keanggotaan dalam koperasi
Perusahaan Melahirkan                                                  suatu perusahaan melahirkan
 



 Manfaat, keunggulan                                                                       Kerugian
     ( advantages)                                                              ( disadvantages)




Insentif untuk masuk                                                      Dis-insentif untuk masuk



Jika manfaat/keunggulan                       Kerugian                Orang akan masuk/tetap men-
 ( advantages)                                     (disadvantages)          jadi anggota koperasi/mening-
                                                                                              Katkan kegiatan dlm.Koperasi

                                                                                               Orang akan meninggalkan
Jika (advantges)                                  (disadvantages)         Koperasi/menurunkan tingkat
                                                                                               Kegiatannya dalam koperasi


            Mengambil sikap atas perbandingan manfaat relatif dari paling sedikit dua lembaga yang berbeda, dengan dasar itu pertimbangan seseorang untuk memutuskan bergabung atau tidak menjadi anggota suatu lembaga, tergantung pada proses evaluasi ekonomi, di mana individu tersebut membandingkan manfaat yang diperolehnya dari lembaga-lembaga pesaing.
                   Dalam membandingkan efesiensi ekonomis dari lembaga-lembaga itu, individu-maupun ilmuwan yang mencoba mensimulasi perilaku individu dengan menggunakan analisis ilmiah- tentunya tidak akan tertarik pada efesiensi ideal  dari suatu lembaga, karena tak akan banyak memberikan makna. Seandainya ia mengetahui apa yang secara ideal dapat ia harapkan dalam situasi nirwana  dari suatu organisasi, ia mencoba untuk membangun evaluasi ekonomis mengenai manfaat dan biaya dalam menggunakan lembaga pesaing, dalam kegiatan lembaga sehari-hari yang mungkin dialami secara subjektif, dengan seluruh analisi kelemahan dan kekuatannya.
                       Mengikuti pendapat Harold Demsetz, secara teoritis pendekatan ini dapat dianggap teoritis sebagai pendekatan lembaga komparatif. Hingga saat ini beberapa peneliti dan para praktisi koperasi memperoleh proposisi dan saran mengenai manfaat keanggotaan koperasi dari teori koperasi yang berfungsi secara ideal. Mereka menggunakan teori nirwana koperasi. Akan tetapi, karena jenis ideal ini tidak dapat ditemukan dalam kenyataan, mereka harus menjembatani kesenjangan antara situasi ideal dan riil dengan mentransformasikan kenyataan sebanyak mungkin pada arah yang ideal.
            Keunggulan khusus yang tidak akan ditemukan dalam lembaga lain, hanya dapat diwujudkan oleh individu-individu itu jika mereka menjadi anggota koperasi dan ini berarti secara bersamaan mereka menjadi pemilik maupun pengguna jasa Koperasi.

            Keunggulan-Keunggulan Khusus Koperasi .
               Koperasi bersaing dengan organisasi lain dalam hal memperoleh anggota, modal, pelanggan, dan sebagainya. Jika koperasi ingin menarik anggota, koperasi harus menawarkan keunggulan khusu atau tambahan yang tidak dapat diberikan organisasi-organisasi pesaingnya. Dengan kata lain, keunggulan khusus yang tidak akan ditemukan dalam lembaga lain, hanya dapat diwujudkan oleh individu-individu itu jika mereka menjadi anggota koperasi, dan ini berarti secara bersamaan mereka menjadi pemilik maupun pengguna jasa.
              Masalah yang penting ini akan dibahas dengan bantuan gambar sebagai berikut. :

      Pihak-Pihak yang Berkepentingan dalam Suatu(Lembaga Usaha) Koperasi

 

                        Kreditur                                                                       Pemilik ( Pesaham)
   MANAJEMEN
 







                      Pemasok(Suplier)                                                       Pelanggan(Custumer)

                                                             Karyawan

Jika seorang pelaku(subjek) ekonomi memasuki suatu hubungan dengan sebuah perusahaan, ia dapat memperoleh manfaat sebagai kreditur, pemilik, pembeli, pemasok, pelanggan atau karyawan. Ini merupakan manfaat yang secara umum dapat diberikan oleh perusahaan apa pun.
       Karena adanya hubungan identitas maka dapat diharapkan dalam kondisi khusus(internal dan eksternal) manajemen koperasi akan memberikan pelayanan yang lebih baik atau keuntungan(manfaat) yang lebih tinggi bagi para anggota daripada manjemen dalam perusahaan non-koperasi. Para anggota koperasi dapat mengharapkan promosi khusus atas kepentingan mereka. Jawaban bagi pernyataan di atas tentang mengapa anggota koperasi bertahan ataupun tetap menjadi anggota koperasi yang aktif, adalah karena para anggota mengharapkan bahwa :


                       Manfaat kemajuan/                                       manfaat kemajuan/
             Promosi koperasi(khusus)                                      Promosi pasar(biasa)

                    Dalam pengertian yang sangat umum, dapat dikatakan bahwa ada dua kondisi yang harus dipenuhi oleh suatu koperasi agar menjadi alternatif yang menarik bagi anggota-anggota prospektifnya.
            1. Koperasi harus mampu memberikan(paling tidak) keunggulan yang sama dengan alternatif-alternatif non koperasi. Koperasi harus berhasil dalam persaingan, koperasi harus memiliki kemampuan untuk memberikan keunggulan (manfaat) ”khusus” bagi anggotanya.
            2.  Sekalipun koperasi mampu menyaingi organisasi-organisasi lain dalam kondisi, waktu dan tempat yang khusus, tetapi para anggotanya tidak dapat berpartisipasi, maka dalam keunggulan semacam ini para anggota itu akan kehilangan minat untuk menjadi anggota koperasi yang aktif.
Para anggota koperasi harus mampu mengendalikan manajemen koperasi sedemikian rupa sehingga manajemen dapat dan berkeinginan untuk memajukan kepentingan anggotanya.
        Dengan kata lain suatu koperasi menghadapi dua bentuk tes/uji(test) dalam memperoleh anggotanya. Pertama dengan memberikan ”manfaat bersih” bagi mereka- koperasi harus memiliki keunggulan kompetitif yang potensial dibanding dengan lembaga-lembaga lainnya(market test). Kedua, koperasi harus mengimplentasikan atau mewujudkan keunggulan ini bagi kepentingan anggotanya(participation- test). Kedua tes ini bersama-sama membentuk ” cooperative test”.
            Koperasi Dalam Segitiga Strategis
Apa telah dibahas sejauh ini mengenai keunggulan/manfaat komparatif koperasi dapat diterjemahkan ke dalam istilah analisis strategis. Untuk menganalisa strategi koperasi, tiga pelaku utama harus diperhitungkan : Koperasi, Anggota/Pelanggan koperasi dan pesaing koperasi. Masing-masing pelaku strategis ini memiliki tujuan dan kepentingan sendiri-sendiri. Untuk dapat sukses beroperasi dalam segitiga ini, koperasi harus mengetahui cara menggunakan hubungan di antara ketiga pelaku ini dengan sebaik-baiknya.
       Secara tradisional, pemikiran koperasi dibangun oleh adanya hubungan antara perusahaan koperasi dengan anggotanya. Walaupun koperasi mampu memberikan keuntungan bagi anggotanya, ia tidak akan bisa bertahan hidup jika tidak berhasil dalam persaingan dengan lembaga lainnya. Oleh karena itu pertanyaan yang paling utama adalah apa keuntungan kopetitif koperasi.
         Strategi koperasi yang berhasil merupakan suatu hal yang dapat menjamin penyesuaian yang lebih baik dari kekuatan-kekuatan koperasi terhadap kepentingan-kepentingan pelanggan, dibandingkan dengan yang dapat diberikan oleh pesaing.
1. Koperasi harus mampu memberikan setidaknya manfaat keunggulan yang
    sama dengan yang diberikan oleh pesaing(non koperasi, dengan kata lain,
    koperasi harus memiliki kemampuan untuk memberikan kunggulan khusus.
2. Anggota koperasi harus mampu mengendalikan manajemen sedemikian rupa 
    sehingga manajemen termotivasi untuk memajukan kepentingan anggotanya.

Sebagaimana yang telah diungkapkan di muka, teori koperasi tradional menyatkan bahwa kondisi yang kedua inilah yang kurang terpenuhi. Teori ini berdasarkan pada gagasan mengenai hubungan yang harmonis antara para anggota dan manajemen koperasi, gagasan yang juga sangat umum di antara para promotor koperasi Indonesia.

Gambar : Coopetative Test ” Uji Koperasi



Manfaat Koperasi                      Manfaat                           Manfaat tanpa
                                                   Non-koperasi                   Spesialisasi




                               Uji Koperasi                        Uji ekonomis
                         ( Cooperative test)                     ( Economic test)
 



         Uji Pasar                  Uji partisipasi
        ( Market test)            (Participation test)


Jika hubungan yang harmonis ini juga berlaku dalam koperasi tradisional bukan karena para anggotanya dimotivasi untuk lebih “harmonis” tetapi karena mereka tidak membutuhkan manajemen profesional untuk memajukan kepentingannya, tidak dapat diharapkan bahwa hipotesis ini secara umum akan benar-benar terjadi pada koperasi-koperasi modern.
         Oleh karena itu, kelihatannya akan lebih berhasil jika argumentasi ini didasarkan pada pertentangan kepentingan antara anggota, manajer, dan promotor-promotor eksternal. Setelah itu baru menentukan dalam kondisi apa perbedaan kepentingan tersebut dapat diselaraskan. Pemikiran-pemikiran seperti ini tidak mungkin diterapkan dalam teori yang mengasumsikan siituasi koperasi tanpa konflik. Pembahasan yang lebih terperinci dalam masalah ini akan diberikan pada penjelasan lain yaitu Partisipasi dalam koperasi.

64 komentar:

  1. ADRIANI SYUHAS (0222090070)
    Assalamu Alaikum wr.wb
    Terima kasih pak atas bahan kuliah VI yang bapak berikan. Semoga bermanfaat bagi kami. Ditunggu materi-materi selanjutnya..
    wassalam..

    BalasHapus
  2. SARINA 0222090002
    Assalamualaikum..wr.wb
    Terima Kasih Pak atas materi ke VI yang bapak berikan,..
    Semoga Bermanfaat bagi kami,...
    wassalam....

    BalasHapus
  3. FITRIANI (0222090337)

    Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Terima kasih Bapak atas bahan kuliahnya, semoga bermanfaat bagi kami.

    Wassalam......

    BalasHapus
  4. NURSUCIANTI (0222090359)

    assalamualaikum wr wb.
    terima kasih pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan.
    wassalam

    BalasHapus
  5. NURHIDAYA (0222090044)

    Assalamu alaikum wr.wb
    Terima kasih bahan kuliah yang ke 6 ini. semoga dapat bermanfaat bagi kami ke depannya. di tunggu bahan kuliah selanjutnya.........

    wassalam

    BalasHapus
  6. assalamu alaikum pak...

    tak ada kata lain y bs sya ucapkan selain alhamdulillah n trimah kasih ats materi kulia nya yang diberikan kpd bapak. . .
    smoga bermamfaat bagi kt semua trutama tuk bapk sendiri. .

    nah pertanyaan saya pak. .
    ( apa perbedaan nya antara koperasi dengan organisasi ?? kok ad untung ruginya pak >hehehe,trimah kasi pak

    JAMALUDDIN
    0222090 279
    nb 405 kamis pukul 13.00-15.30

    BalasHapus
  7. assalamu alaikum pak...

    tak ada kata lain y bs sya ucapkan selain alhamdulillah n trimah kasih ats materi kulia nya yang diberikan kpd bapak. . .
    smoga bermamfaat bagi kt semua trutama tuk bapk sendiri. .

    nah pertanyaan saya pak. .
    ( apa perbedaan nya antara koperasi dengan organisasi ?? kok ad untung ruginya pak >hehehe,trimah kasi pak

    JAMALUDDIN
    0222090 279
    nb 405 kamis pukul 13.00-15.30

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr. Wb.

    sebelumya trima kasih atas materinya smoga bermanfaat dan menjadi amal jariayah buat bpak di akhirat kelak.. aamiin..!!!

    sya punya pertanyaan pak.. " 1). apakah dalam system koperasi itu membutuhkan pesaing untuk mengembngkan koperasi tersebut, dan apakah dalam koperasi juga membutuhkan analsis SWOT? 2). lembaga apakah yg menjadi pesaing dari koperasi?

    dmikian pertanyaan sy,,, lbih dan kurangnya sy mhon maaf.!!!

    Wassalamualaikum Wr. Wb.
    Abdul Azis Aliwu 0222090033
    ML 4, ruangan NB 405, kamis 13.00-15.00

    BalasHapus
  9. ass. bahan bhn yng kami dapat pelajari melalui blog ini sangat mengefektifkan dn efesiensi waktu kami...

    BalasHapus
  10. NURUL BAETI (0222090038)

    Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Terima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Semoga Materi yang Bapak Berikan Bisa Bermanfaat Bagi Kami. Ditunggu Materi-Materi Selanjutnya Pak..

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr.wb.

    Materi VI yang Bapak sampaikan di Blog ini, membuat saya paham bahwa intinya Koperasi dibentuk untuk mensejahterakan para anggotanya.

    Semua jenis usaha yang dijalankan Koperasi diperuntukkan untuk kesejahteraan anggotanya.
    Yang menjadi pertanyan saya, Bagaimana Jika koperasi yang ada sudah tidak menguntungkan bagi anggotanya?

    Pertanyaan kedua, lambang Koperasi di Indonesia sudah diganti, apa maksud dan tujuannya Pak?

    Demikian, kurang dan lebihnya saya ucapkan mohon maaf.

    Wassalamualaikum wr.wb
    Hardiyanti Rian Utami
    STB: 0222090074

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas materi yang bapak berikan semoga sangat bermanfaat dan dapat kami pahami, begitupun dengan materi-materi selanjutnya yang akan bapak terangkan.

    ADHYZ FEBRIANT
    0222 090 258

    BalasHapus
  15. assalamu alaikum wr.wb
    terima kasih atas materi yg bapak berikan di blog ini,sangat bermanfaat dan smoga bisa dipahami lbh baik.kemudian saya ingin bertanya kpd Bapak,,dalam pembubaran koperasi,opsi manakah yg lebih bnyak dipake di indonesia? rapat anggota atau keputusan pemerintah?? sekian n terimah kasih sebelumnya kpd Bapak...

    ADHYZ FEBRIANT
    0222 090 258

    BalasHapus
  16. ASTIKA SARI (0222090307)

    Assalamualaikum wr wb
    terima kasih atas materi yang bapak buat dalam blog ini,smoga bermanfaat..
    wassalam..

    BalasHapus
  17. RINDA WIDAYANA (0222090293)

    Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Terima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Semoga Materi yang Bapak Berikan Bisa Bermanfaat Bagi Kami.

    BalasHapus
  18. SUKMA EKAWATI (0222100285)

    Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Terima kasih Bapak atas bahan kuliahnya, semoga bermanfaat bagi kami.

    Wassalam......

    BalasHapus
  19. DARMAWATI (0222090327)

    Makasih atas bahan kuliahnya pak,,,,

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr wb
    terima kasih atas materi yang bapak buat dalam blog ini,smoga bermanfaat..
    wassalam..
    Achmad zulfikar
    02220902467
    NB 404
    jam 13.00-1530

    BalasHapus
  21. ABD. ADHIM M. TANGNGA (0222090113)

    ASSALAMU ALAIKUM Wr.Wb. TERIMA KASIH KEPADA BAPAK YG TELAH MEMBERI KEMUDAHAN KEPADA KAMI DALAM MENDAPATKAN MATERI!SUKSES SLALU PAK!AMIN

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum..wr.wb
    Terima Kasih Pak atas materi ke VI yang bapak berikan,..
    Semoga Bermanfaat bagi kami,...
    wassalam....

    by_ Hardiyanti Rian Utami
    0222090074

    BalasHapus
  23. FARHANA ACHMAD(0222090330)

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Materi yg bapak berikan sangat membantu,

    Syukron.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum wr.wb.

    Terimakasih pak atas materinya dengan blog bapak ini sangat membantu kami untuk mempelajari materi materi yang Bapak ajarkan.

    MUKHSIN
    02220100106
    ML6(SENIN)

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum wr wb.....
    terima kasih atas materi yang bapak buat dalam blog ini,smoga bermanfaat & smoga bisa sy pahami & mudah dimengerti.

    disini pertanyaan sy ,apa dampak postif dan negatif dalam keunggulan/keuntungan berkoperasi dan pesaing?
    terimah kasih pak'
    wassalam

    Novia Erviana Misman
    02220100217
    MW1(N 306) RABU

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Wr. Wb

    Terima kasih atas materi yang telah disiapkan bapak untuk kami, sehingga dapat menjadi bahan bagi kami. Izin mencopy pak

    Andi Indri Astuti
    02220100184
    MW1

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum Wr. Wb

    Terimakasih atas materi yang telah bapak berikan kepada kami para mahasiswa/i.semoga bisa saya pahami.

    Anita Dwi Setiawati
    02220100215
    MW1 (N 306) Rabu

    BalasHapus
  28. assalamualaikum wr wb.

    terima kasih pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan.
    wassalam
    NURLIYANTI
    02220100152
    MW1 (N 306) Rabu

    BalasHapus
  29. assalamu alaikum wr.wb.
    terimah kasih atas materi bapak yang dimuat diblog ini,oleh karena itu saya dapat memahami organisasi koperasi dalam sistem pasar,semoga bermanfaat bagi pembaca.

    NAMA : HARDIANTI
    SATAMBUK : 02220110218
    KELAS : MW3
    HARI/JAM : RABU/09.40-11.40
    JURUSAN : MANAJEMEN

    BalasHapus
  30. Terima kasih banyak atas materi yang bapak berikan. Materi ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga amalan bapak dibalas oleh Allah SWT. Amin.

    Mufsihah Mustaqimah
    02220110024
    MW3

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum W.r Wb...
    Terima kasih pak atas materi yang sudah di sediakan, semoga dapat bermanfaat....

    NIRMALA
    02220110039
    MW3

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum wr wb...

    Terima kasih Pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan kami sebagai mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan dari Bapak.

    Wassalam...

    Nurhikmah Tenry S.
    02220110011
    MW3
    Ekonomi Koperasi

    BalasHapus
  33. assalamualaikum,,
    terimakasih pak atas materi yang diberikan semoga bisa bermanfaaf untuk saya,,
    wassalam
    NAMA : IRMAYANTI
    KELAS: MW3
    STAMBUK: 022 2011 0152
    RUANGAN: N310

    BalasHapus
  34. asallamualaikum......
    Trimaksi pak atas materi yng diberikan. materi ini sangat bermanfaat bagi saya
    wasllam
    NAMA : SITTI SARFINA
    KELAS : MW3
    STMBUK : 02220110168
    RUANGAN : N 310

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum WR. WB
    Terima kasih banyak pak atas materi yang diberikan, sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman sekalian. Semoga menjadi bekal ilmu yang baik bagi kita semua. Amin Yarabbal Alamin.. :)

    WINDA FEBRIANAWATI M.
    02220110049 - MW3/ N 310
    EKONOMI MANAJEMEN

    BalasHapus
  36. assalamu alaikum wr. wb.
    terima kasih atas materi yang bapak berikan melalui blog ini. semoga bermanfaat bagi kita semua pak, amin .. waalaikum salam wr.w.

    SYARIFAH YUFI ULFIAH
    (02220110347)
    MW3/N 310

    BalasHapus
  37. assalamualaikum wr wb.

    terima kasih pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan.
    wassalam

    SURAHMAT
    02220100479
    ML3/N310

    BalasHapus
  38. assalamualaikum wr. wb.

    terima kasih pak, materi yang diberikan, sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman. serta materi yang disajikan mudah dimengerti. Semoga menjadi bekal ilmu yang baik bagi kita semua. Amin Yarabbal Alamin.. :)

    wassalam

    FITRIYANTI S VAN GOBEL
    02220110231
    EKSTENSI 2011 MANAJEMEN

    BalasHapus
  39. Assalamu Alaikum Wr. Wb.
    terima kasih atas kemudahannya dalam mengakses materi ...
    NUR IKHSAN ANWAR
    02220120417

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum wr.wb..
    Terima kasih banyak atas materi yang bapak berikan kepada kami semoga ini dapat bermanfaat bagi kami ke depannya amin ya rabbal alamin. terima kasih banyak sekali laki Bapak..

    DIAN ARYANTY PRATAMA
    02220110159
    MW3
    EKONOMI MANAJEMEN

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum wr.wb..
    Terima kasih banyak atas materi yang bapak berikan kepada kami semoga ini dapat bermanfaat bagi kami ke depannya amin ya rabbal alamin :)

    ANNISYAH
    02220110162
    MW3
    EKONOMI MANAJEMEN

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum wr..wb
    Terimakasih banyak atas bahan materi yang bapak berikan kepada kami, melalui blog bapak kami dengan mudah dapat mengakses materi yang pak Abbas Saleh ajarkan kepada kami. mohon izin copy materinya pak
    trimakasih.

    IRSANDI RAMLI
    02320120004
    AL 3
    SELASA ( 9.40-11.20)

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum wr.wb.
    Terima kasih atas materi yg bapak berikan. Sangat bermanfaat bagi kami,terutama dgn pembelajaran seperti blog ini sehingga lebih memudahkan bagi kami yg mempunyai aktivitas padat sehari-hari.
    Assalamualaikum wr.wb
    Divi Yunita (02220120345)
    Kelas Eksekutif (Sabtu, 09.40-12.10)

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum Wr.Wb
    Terimah kasih atas materi yang diberikan kepada kami.Materi ini memberikan kemudahan dalam belajar Ekonomi Koperasi.Mohon izin untuk mengcopy materi ini.Terima kasih bapaak

    Nama: Hasmadi Rahmatulla
    Stb : 02220120293
    Kelas: A2 , Senin (13.00-15.30)

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum wr.wb.wb
    Terimakasih pak utk materi yg bapak berikan di kelas kami..Smg bisa membuka wawasan kami lebih luas lg utk masa depan yg lebih baik.. Amin

    Wassalam
    Lely Damayanti (02220140556)
    Kelas Eksekutif (Sabtu, 09.40-12.10)

    BalasHapus
  46. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Terima kasih atas kebaikan bapak dgn membuat blog seperti ini,sangat bermanfaat bagi kami semua,terutama untuk saya.
    Nama : Anni Kusumah
    Stb : 02220120314
    Kelas : Eksekutif (09.40-12.10,sabtu)

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  47. ssalamualaikum Wr.Wb
    Terimah kasih atas materi yang diberikan kepada kami.Materi ini memberikan kemudahan dalam belajar Ekonomi Koperasi.Mohon izin untuk mengcopy materi ini.Terima kasih bapaak ..

    Ahmad Amirullah
    02220120081
    Kelas: A2 , Senin (13.00-15.30)

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas materinya pak,insya allah bisa bermanfaat buat kami.

    Nama: Muhammad.Sakir
    Stb: 02220120411
    Kelas: A2 Senin, (13.00-15.30)

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih banyak sebelumnya, lagi bapak utk materi bapak yang ke 6 ini mengenani Organisasi Koperasi Dalam Sistem Pasar, sehingga sya sdkit tau bahwa koperasi jga selain di tuntut memberikan manfaat atu kepuasaan bagi anggotax namun, dia jga hrs bisa bersaing dgn badan usaha lainx (pesaing) dalam sistem pasar. Terima kasih byk skali lagi bapak :).

    Nama : Diah Wijayanti
    STB : 02220120131
    Kelas : B2 ( Senin, 08.40-11.20)

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih banyak pak, blog bapak cukup membantu mahasiswanya dalam mendapatkan materi kuliah.

    Nama: Andi Risnadirah
    No.Stb: 022 2012 0423
    Kelas: Eksekutif/Manajemen
    Jadwal Kuliah: Hari Sabtu (09.40-12.10)

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum wr.wb
    T'makasih banyak utk ilmu yang bermanfaat.. Mohon ijin utk mengcopy materi y pak.. Wassalam

    M.Ridwan (022 2012 0309)
    Kelas Eksekutif (Sabtu, 09.40-12.10)

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum, ijin copy ke blog sy kembali pak sebagai bahan untuk belajar terima kasih
    Mukhsin(02220130231) kelas A1/Manajemen ruangan NB402

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum Wr.Wb
    Terimah kasih atas materi yang
    diberikan kepada kami pak.Materi ini memberikan kemudahan dalam
    belajar Ekonomi Koperasi.Mohon
    izin untuk mengcopy materi
    ini.Terima kasih banyak pak ..

    Nama : AYU FAJARWATI
    No. stb : 02220130080
    Kelas: B1 , Rabu (13.00-15.30) NB 401

    BalasHapus
  56. Terima kasih pak atas materi yang diberikan
    sangat bermanfaat

    Nama : Rany Tri Permatasari
    Stb : 02220130359
    Manajemen Keuangan
    Kelas Eksekutif D1, Sabtu (13.00 -15.30)

    BalasHapus
  57. Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Terima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Semoga Materi yang Bapak Berikan Bisa Bermanfaat Bagi Kami.

    MASYITA NURUL KADRI
    022 2014 0529
    D1 MANAJEMEN

    BalasHapus
  58. Ass. Terima kasih pak atas materi yang di berikan dalam blog dan memudahkan kami dlam belajar.

    WAHYUNI RUSMADI
    KELAS D1 / SABTU 13.00
    02220140562

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum wr.wb terima kasih atas materi kuliah yang bapak berikan melalui blog ini.izin mengcopy materi nya bapak
    (NellySaggaf,kelas : D1 Manajemen,No.stambuk : 022 2012 0438)

    BalasHapus
  60. Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Terima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Materi yang Bapak Berikan Sangat Bermanfaat Bagi Kami. Ditunggu Materi-Materi Selanjutnya Pak..
    Nurbina (02220140554)
    Kelas D1manajemen eksekutif

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih pak atas materi yang bapak berikan kepada kami krena melalui blog ini lebih memudahkan kami belajar, dan semoga materi yang bapak berikan bisa bermanfaat kepada kami.

    Fitria Nur Ramadhani
    Kelas : D1manajemen eksekutif/sabtu13.00
    No.stanbuk : 02220140530

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih pak atas materi yang bapak berikan kepada kami krena melalui blog ini lebih memudahkan kami belajar, dan semoga materi yang bapak berikan bisa bermanfaat kepada kami.

    Fitria Nur Ramadhani
    Kelas : D1manajemen eksekutif/sabtu13.00
    No.stanbuk : 02220140530

    BalasHapus
  63. Asalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas materi yang bapak berikan, baik materi yang sebelumnya ataupun materi ini, ini sangat bermanfaat bagi kami semua.

    Rahmi Mawarni
    022 2015 0483
    Kelas D1, sabtu (13.00-15.30)

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum pak
    terima kasih atas materi yang bapak berikan melaui blog ini. karena dapat mempermudah mahasiswa untuk mempelajari dimana dan kapan saja.

    fatimatuz zahrotul ulfa
    022 2015 0490
    kelas D1, sabtu (13.00-15.30)

    BalasHapus