ORGANISASI KOPERASI DALAM SISTIM PASAR
Dasar Keputusan Memasuki Koperasi.
Mengapa dan kapan seseorang akan masuk
menjadi anggota koperasi? Individu itu akan menjadi anggota koperasi atau akan
mempertahankan keanggotaannya( Tetap menjalin usaha dengan koperasinya), jika
mereka mengharapkan bahwa kegunaan(utility) yang dapat mereka peroleh dari koperasi
lebih besar dari pada manfaat tidak menjadi anggota koperasi, misalnya dengan
melakukan usaha dalam organisasi non koperasi atau pesaing koperasi.
Kegunaan(utility) dalam hal
ini, bermakna(dipahami) sebagai “Nilai subyektif” dari sebuah alternatif atau
pilihan yang terbuka bagi seseorang. Jika seseorang lebih mnyukai sebuah jeruk
dari pada tiga buah apel, maka sebuah jeruk lebih ”berguna” bagi orang tersebut
daripada tiga apel tadi. ”Nilai” itu mencirikan kapasitas yang potensial bagi
suatu objek atau kegiatan untuk memuaskan kebutuhan manusia.
Jika koperasi memberikan
tingkat kepuasan yang lebih tinggi bagi seseorang dari pada organisasi lainnya,
hal ini memiliki makna yang sederhana, bahwa koperasi lebih mampu memuaskan
keinginan-kinginan manusia anggotanya. Hipotesis dasar yang membahas tentang
keanggotaan koperasi dapat diformulasikan sebagai berikut:
Manfaat
koperasi > manfaat non-koperasi, atau
Manfaat
koperasi > manfaat pesaing, atau
Keunggulan/keuntungan
berkoperasi > keunggulan pesaing
Jika koperasi memberikan tingkat kepuasan
yang lebih tinggi bagi seseorang dari pada organisasi lainnya, hal ini memiliki
makna yang sederhana, bagi koperasi lebih mampu memuaskan keinginan-keinginan
manusia anggotanya.
Jika manfaat(utility) atau keunggulan
yang diberikan oleh koperasi bagi seseorang lebih tinggi dari utility yang
dapat diperoleh/dicapai olehnya pada saat ia tidak menjadi anggota koperasi,
maka orang tersebut akan masuk menjadi anggota koperasi dan melakukan usaha
dengan koperasinya atau dengan kata lain, koperasi dapat menarik anggotanya.
Dasar Keputusan Memasuki Koperasi
Perusahaan Melahirkan
suatu perusahaan melahirkan
Manfaat, keunggulan Kerugian
Insentif untuk masuk
Dis-insentif untuk masuk
Jika manfaat/keunggulan
Kerugian Orang akan masuk/tetap men-
Katkan kegiatan dlm.Koperasi
Kegiatannya
dalam koperasi
Mengambil sikap atas perbandingan manfaat relatif dari paling sedikit
dua lembaga yang berbeda, dengan dasar itu pertimbangan seseorang untuk memutuskan
bergabung atau tidak menjadi anggota suatu lembaga, tergantung pada proses
evaluasi ekonomi, di mana individu tersebut membandingkan manfaat yang
diperolehnya dari lembaga-lembaga pesaing.
Dalam membandingkan
efesiensi ekonomis dari lembaga-lembaga itu, individu-maupun ilmuwan yang
mencoba mensimulasi perilaku individu dengan menggunakan analisis ilmiah-
tentunya tidak akan tertarik pada efesiensi ideal dari suatu lembaga,
karena tak akan banyak memberikan makna. Seandainya ia mengetahui apa yang
secara ideal dapat ia harapkan dalam situasi nirwana dari suatu
organisasi, ia mencoba untuk membangun evaluasi ekonomis mengenai manfaat dan
biaya dalam menggunakan lembaga pesaing, dalam kegiatan lembaga sehari-hari
yang mungkin dialami secara subjektif, dengan seluruh analisi kelemahan dan
kekuatannya.
Mengikuti pendapat
Harold Demsetz, secara teoritis pendekatan ini dapat dianggap teoritis sebagai
pendekatan lembaga komparatif. Hingga saat ini beberapa peneliti dan para
praktisi koperasi memperoleh proposisi dan saran mengenai manfaat keanggotaan
koperasi dari teori koperasi yang berfungsi secara ideal. Mereka menggunakan
teori nirwana koperasi. Akan tetapi, karena jenis ideal ini tidak dapat
ditemukan dalam kenyataan, mereka harus menjembatani kesenjangan antara situasi
ideal dan riil dengan mentransformasikan kenyataan sebanyak mungkin pada arah
yang ideal.
Keunggulan khusus yang tidak akan ditemukan dalam lembaga lain, hanya
dapat diwujudkan oleh individu-individu itu jika mereka menjadi anggota
koperasi dan ini berarti secara bersamaan mereka menjadi pemilik maupun
pengguna jasa Koperasi.
Keunggulan-Keunggulan Khusus Koperasi .
Koperasi bersaing dengan
organisasi lain dalam hal memperoleh anggota, modal, pelanggan, dan sebagainya.
Jika koperasi ingin menarik anggota,
koperasi harus menawarkan keunggulan khusu atau tambahan yang tidak dapat
diberikan organisasi-organisasi pesaingnya. Dengan kata lain, keunggulan khusus
yang tidak akan ditemukan dalam lembaga lain, hanya dapat diwujudkan oleh
individu-individu itu jika mereka menjadi anggota koperasi, dan ini berarti
secara bersamaan mereka menjadi pemilik maupun pengguna jasa.
Masalah yang penting ini akan dibahas
dengan bantuan gambar sebagai berikut. :
Pihak-Pihak
yang Berkepentingan dalam Suatu(Lembaga Usaha) Koperasi
MANAJEMEN
|
Pemasok(Suplier)
Pelanggan(Custumer)
Karyawan
Jika seorang
pelaku(subjek) ekonomi memasuki suatu hubungan dengan sebuah perusahaan, ia
dapat memperoleh manfaat sebagai kreditur, pemilik, pembeli, pemasok, pelanggan
atau karyawan. Ini merupakan manfaat
yang secara umum dapat diberikan oleh perusahaan apa pun.
Karena adanya hubungan identitas maka dapat diharapkan dalam kondisi
khusus(internal dan eksternal) manajemen koperasi akan memberikan pelayanan
yang lebih baik atau keuntungan(manfaat) yang lebih tinggi bagi para anggota
daripada manjemen dalam perusahaan non-koperasi. Para anggota koperasi dapat
mengharapkan promosi khusus atas kepentingan mereka. Jawaban bagi pernyataan di
atas tentang mengapa anggota koperasi bertahan ataupun tetap menjadi anggota
koperasi yang aktif, adalah karena para anggota mengharapkan bahwa :
Manfaat
kemajuan/
manfaat kemajuan/
Dalam pengertian yang
sangat umum, dapat dikatakan bahwa ada dua kondisi yang harus dipenuhi oleh
suatu koperasi agar menjadi alternatif yang menarik bagi anggota-anggota
prospektifnya.
1. Koperasi harus mampu
memberikan(paling tidak) keunggulan yang sama dengan alternatif-alternatif non
koperasi. Koperasi harus berhasil dalam persaingan, koperasi harus memiliki
kemampuan untuk memberikan keunggulan (manfaat) ”khusus” bagi anggotanya.
2.
Sekalipun koperasi mampu menyaingi organisasi-organisasi lain dalam
kondisi, waktu dan tempat yang khusus, tetapi para anggotanya tidak dapat
berpartisipasi, maka dalam keunggulan semacam ini para anggota itu akan
kehilangan minat untuk menjadi anggota koperasi yang aktif.
Para anggota koperasi harus mampu mengendalikan
manajemen koperasi sedemikian rupa sehingga manajemen dapat dan berkeinginan
untuk memajukan kepentingan anggotanya.
Dengan kata lain suatu koperasi menghadapi dua bentuk tes/uji(test)
dalam memperoleh anggotanya. Pertama dengan memberikan ”manfaat bersih” bagi
mereka- koperasi harus memiliki keunggulan kompetitif yang potensial dibanding
dengan lembaga-lembaga lainnya(market test). Kedua, koperasi harus
mengimplentasikan atau mewujudkan keunggulan ini bagi kepentingan
anggotanya(participation- test). Kedua tes ini bersama-sama membentuk ”
cooperative test”.
Koperasi
Dalam Segitiga Strategis
Apa telah dibahas sejauh ini mengenai
keunggulan/manfaat komparatif koperasi dapat diterjemahkan ke dalam istilah
analisis strategis. Untuk menganalisa strategi koperasi, tiga pelaku utama
harus diperhitungkan : Koperasi, Anggota/Pelanggan koperasi dan pesaing
koperasi. Masing-masing pelaku strategis ini memiliki tujuan dan
kepentingan sendiri-sendiri. Untuk dapat sukses beroperasi dalam segitiga ini,
koperasi harus mengetahui cara menggunakan hubungan di antara ketiga pelaku ini
dengan sebaik-baiknya.
Secara tradisional, pemikiran koperasi
dibangun oleh adanya hubungan antara perusahaan koperasi dengan anggotanya.
Walaupun koperasi mampu memberikan keuntungan bagi anggotanya, ia tidak akan
bisa bertahan hidup jika tidak berhasil dalam persaingan dengan lembaga
lainnya. Oleh karena itu pertanyaan
yang paling utama adalah apa keuntungan kopetitif koperasi.
Strategi koperasi yang berhasil merupakan suatu hal yang dapat menjamin
penyesuaian yang lebih baik dari kekuatan-kekuatan koperasi terhadap
kepentingan-kepentingan pelanggan, dibandingkan dengan yang dapat diberikan
oleh pesaing.
1. Koperasi harus mampu memberikan setidaknya
manfaat keunggulan yang
sama
dengan yang diberikan oleh pesaing(non koperasi, dengan kata lain,
koperasi
harus memiliki kemampuan untuk memberikan kunggulan khusus.
2. Anggota koperasi harus mampu mengendalikan
manajemen sedemikian rupa
sehingga
manajemen termotivasi untuk memajukan kepentingan anggotanya.
Sebagaimana yang telah diungkapkan di muka, teori
koperasi tradional menyatkan bahwa kondisi yang kedua inilah yang kurang
terpenuhi. Teori ini berdasarkan pada gagasan mengenai hubungan yang harmonis
antara para anggota dan manajemen koperasi, gagasan yang juga sangat umum di
antara para promotor koperasi Indonesia.
Gambar : Coopetative Test ” Uji Koperasi
Uji
Koperasi Uji
ekonomis
( Cooperative
test) ( Economic test)
Uji Pasar Uji partisipasi
( Market test) (Participation test)
Jika hubungan
yang harmonis ini juga berlaku dalam koperasi tradisional bukan karena para
anggotanya dimotivasi untuk lebih “harmonis” tetapi karena mereka tidak
membutuhkan manajemen profesional untuk memajukan kepentingannya, tidak dapat
diharapkan bahwa hipotesis ini secara umum akan benar-benar terjadi pada
koperasi-koperasi modern.
Oleh karena itu, kelihatannya akan
lebih berhasil jika argumentasi ini didasarkan pada pertentangan kepentingan
antara anggota, manajer, dan promotor-promotor eksternal. Setelah itu baru
menentukan dalam kondisi apa perbedaan kepentingan tersebut dapat diselaraskan.
Pemikiran-pemikiran seperti ini tidak
mungkin diterapkan dalam teori yang mengasumsikan siituasi koperasi tanpa
konflik. Pembahasan yang lebih terperinci dalam masalah ini akan diberikan pada
penjelasan lain yaitu Partisipasi dalam koperasi.
ADRIANI SYUHAS (0222090070)
BalasHapusAssalamu Alaikum wr.wb
Terima kasih pak atas bahan kuliah VI yang bapak berikan. Semoga bermanfaat bagi kami. Ditunggu materi-materi selanjutnya..
wassalam..
SARINA 0222090002
BalasHapusAssalamualaikum..wr.wb
Terima Kasih Pak atas materi ke VI yang bapak berikan,..
Semoga Bermanfaat bagi kami,...
wassalam....
FITRIANI (0222090337)
BalasHapusAssalamu Alaikum Wr.Wb
Terima kasih Bapak atas bahan kuliahnya, semoga bermanfaat bagi kami.
Wassalam......
NURSUCIANTI (0222090359)
BalasHapusassalamualaikum wr wb.
terima kasih pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan.
wassalam
NURHIDAYA (0222090044)
BalasHapusAssalamu alaikum wr.wb
Terima kasih bahan kuliah yang ke 6 ini. semoga dapat bermanfaat bagi kami ke depannya. di tunggu bahan kuliah selanjutnya.........
wassalam
assalamu alaikum pak...
BalasHapustak ada kata lain y bs sya ucapkan selain alhamdulillah n trimah kasih ats materi kulia nya yang diberikan kpd bapak. . .
smoga bermamfaat bagi kt semua trutama tuk bapk sendiri. .
nah pertanyaan saya pak. .
( apa perbedaan nya antara koperasi dengan organisasi ?? kok ad untung ruginya pak >hehehe,trimah kasi pak
JAMALUDDIN
0222090 279
nb 405 kamis pukul 13.00-15.30
assalamu alaikum pak...
BalasHapustak ada kata lain y bs sya ucapkan selain alhamdulillah n trimah kasih ats materi kulia nya yang diberikan kpd bapak. . .
smoga bermamfaat bagi kt semua trutama tuk bapk sendiri. .
nah pertanyaan saya pak. .
( apa perbedaan nya antara koperasi dengan organisasi ?? kok ad untung ruginya pak >hehehe,trimah kasi pak
JAMALUDDIN
0222090 279
nb 405 kamis pukul 13.00-15.30
Assalamualaikum Wr. Wb.
BalasHapussebelumya trima kasih atas materinya smoga bermanfaat dan menjadi amal jariayah buat bpak di akhirat kelak.. aamiin..!!!
sya punya pertanyaan pak.. " 1). apakah dalam system koperasi itu membutuhkan pesaing untuk mengembngkan koperasi tersebut, dan apakah dalam koperasi juga membutuhkan analsis SWOT? 2). lembaga apakah yg menjadi pesaing dari koperasi?
dmikian pertanyaan sy,,, lbih dan kurangnya sy mhon maaf.!!!
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Abdul Azis Aliwu 0222090033
ML 4, ruangan NB 405, kamis 13.00-15.00
ass. bahan bhn yng kami dapat pelajari melalui blog ini sangat mengefektifkan dn efesiensi waktu kami...
BalasHapusNURUL BAETI (0222090038)
BalasHapusAssalamu Alaikum Wr. Wb
Terima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Semoga Materi yang Bapak Berikan Bisa Bermanfaat Bagi Kami. Ditunggu Materi-Materi Selanjutnya Pak..
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusMateri VI yang Bapak sampaikan di Blog ini, membuat saya paham bahwa intinya Koperasi dibentuk untuk mensejahterakan para anggotanya.
Semua jenis usaha yang dijalankan Koperasi diperuntukkan untuk kesejahteraan anggotanya.
Yang menjadi pertanyan saya, Bagaimana Jika koperasi yang ada sudah tidak menguntungkan bagi anggotanya?
Pertanyaan kedua, lambang Koperasi di Indonesia sudah diganti, apa maksud dan tujuannya Pak?
Demikian, kurang dan lebihnya saya ucapkan mohon maaf.
Wassalamualaikum wr.wb
Hardiyanti Rian Utami
STB: 0222090074
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb
BalasHapusTerima kasih atas materi yang bapak berikan semoga sangat bermanfaat dan dapat kami pahami, begitupun dengan materi-materi selanjutnya yang akan bapak terangkan.
ADHYZ FEBRIANT
0222 090 258
assalamu alaikum wr.wb
BalasHapusterima kasih atas materi yg bapak berikan di blog ini,sangat bermanfaat dan smoga bisa dipahami lbh baik.kemudian saya ingin bertanya kpd Bapak,,dalam pembubaran koperasi,opsi manakah yg lebih bnyak dipake di indonesia? rapat anggota atau keputusan pemerintah?? sekian n terimah kasih sebelumnya kpd Bapak...
ADHYZ FEBRIANT
0222 090 258
ASTIKA SARI (0222090307)
BalasHapusAssalamualaikum wr wb
terima kasih atas materi yang bapak buat dalam blog ini,smoga bermanfaat..
wassalam..
RINDA WIDAYANA (0222090293)
BalasHapusAssalamu Alaikum Wr. Wb
Terima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Semoga Materi yang Bapak Berikan Bisa Bermanfaat Bagi Kami.
SUKMA EKAWATI (0222100285)
BalasHapusAssalamu Alaikum Wr.Wb
Terima kasih Bapak atas bahan kuliahnya, semoga bermanfaat bagi kami.
Wassalam......
DARMAWATI (0222090327)
BalasHapusMakasih atas bahan kuliahnya pak,,,,
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusterima kasih atas materi yang bapak buat dalam blog ini,smoga bermanfaat..
wassalam..
Achmad zulfikar
02220902467
NB 404
jam 13.00-1530
ABD. ADHIM M. TANGNGA (0222090113)
BalasHapusASSALAMU ALAIKUM Wr.Wb. TERIMA KASIH KEPADA BAPAK YG TELAH MEMBERI KEMUDAHAN KEPADA KAMI DALAM MENDAPATKAN MATERI!SUKSES SLALU PAK!AMIN
Assalamualaikum..wr.wb
BalasHapusTerima Kasih Pak atas materi ke VI yang bapak berikan,..
Semoga Bermanfaat bagi kami,...
wassalam....
by_ Hardiyanti Rian Utami
0222090074
FARHANA ACHMAD(0222090330)
BalasHapusAssalamualaikum Wr.Wb
Materi yg bapak berikan sangat membantu,
Syukron.
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusTerimakasih pak atas materinya dengan blog bapak ini sangat membantu kami untuk mempelajari materi materi yang Bapak ajarkan.
MUKHSIN
02220100106
ML6(SENIN)
Assalamualaikum wr wb.....
BalasHapusterima kasih atas materi yang bapak buat dalam blog ini,smoga bermanfaat & smoga bisa sy pahami & mudah dimengerti.
disini pertanyaan sy ,apa dampak postif dan negatif dalam keunggulan/keuntungan berkoperasi dan pesaing?
terimah kasih pak'
wassalam
Novia Erviana Misman
02220100217
MW1(N 306) RABU
Assalamualaikum Wr. Wb
BalasHapusTerima kasih atas materi yang telah disiapkan bapak untuk kami, sehingga dapat menjadi bahan bagi kami. Izin mencopy pak
Andi Indri Astuti
02220100184
MW1
Assalamualaikum Wr. Wb
BalasHapusTerimakasih atas materi yang telah bapak berikan kepada kami para mahasiswa/i.semoga bisa saya pahami.
Anita Dwi Setiawati
02220100215
MW1 (N 306) Rabu
assalamualaikum wr wb.
BalasHapusterima kasih pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan.
wassalam
NURLIYANTI
02220100152
MW1 (N 306) Rabu
assalamu alaikum wr.wb.
BalasHapusterimah kasih atas materi bapak yang dimuat diblog ini,oleh karena itu saya dapat memahami organisasi koperasi dalam sistem pasar,semoga bermanfaat bagi pembaca.
NAMA : HARDIANTI
SATAMBUK : 02220110218
KELAS : MW3
HARI/JAM : RABU/09.40-11.40
JURUSAN : MANAJEMEN
Terima kasih banyak atas materi yang bapak berikan. Materi ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga amalan bapak dibalas oleh Allah SWT. Amin.
BalasHapusMufsihah Mustaqimah
02220110024
MW3
Assalamualaikum W.r Wb...
BalasHapusTerima kasih pak atas materi yang sudah di sediakan, semoga dapat bermanfaat....
NIRMALA
02220110039
MW3
Assalamualaikum wr wb...
BalasHapusTerima kasih Pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan kami sebagai mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan dari Bapak.
Wassalam...
Nurhikmah Tenry S.
02220110011
MW3
Ekonomi Koperasi
assalamualaikum,,
BalasHapusterimakasih pak atas materi yang diberikan semoga bisa bermanfaaf untuk saya,,
wassalam
NAMA : IRMAYANTI
KELAS: MW3
STAMBUK: 022 2011 0152
RUANGAN: N310
asallamualaikum......
BalasHapusTrimaksi pak atas materi yng diberikan. materi ini sangat bermanfaat bagi saya
wasllam
NAMA : SITTI SARFINA
KELAS : MW3
STMBUK : 02220110168
RUANGAN : N 310
Assalamualaikum WR. WB
BalasHapusTerima kasih banyak pak atas materi yang diberikan, sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman sekalian. Semoga menjadi bekal ilmu yang baik bagi kita semua. Amin Yarabbal Alamin.. :)
WINDA FEBRIANAWATI M.
02220110049 - MW3/ N 310
EKONOMI MANAJEMEN
assalamu alaikum wr. wb.
BalasHapusterima kasih atas materi yang bapak berikan melalui blog ini. semoga bermanfaat bagi kita semua pak, amin .. waalaikum salam wr.w.
SYARIFAH YUFI ULFIAH
(02220110347)
MW3/N 310
assalamualaikum wr wb.
BalasHapusterima kasih pak telah memberikan materi kuliah melalui blog ini, karena lebih memudahkankan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan.
wassalam
SURAHMAT
02220100479
ML3/N310
assalamualaikum wr. wb.
BalasHapusterima kasih pak, materi yang diberikan, sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman. serta materi yang disajikan mudah dimengerti. Semoga menjadi bekal ilmu yang baik bagi kita semua. Amin Yarabbal Alamin.. :)
wassalam
FITRIYANTI S VAN GOBEL
02220110231
EKSTENSI 2011 MANAJEMEN
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
BalasHapusterima kasih atas kemudahannya dalam mengakses materi ...
NUR IKHSAN ANWAR
02220120417
Assalamualaikum wr.wb..
BalasHapusTerima kasih banyak atas materi yang bapak berikan kepada kami semoga ini dapat bermanfaat bagi kami ke depannya amin ya rabbal alamin. terima kasih banyak sekali laki Bapak..
DIAN ARYANTY PRATAMA
02220110159
MW3
EKONOMI MANAJEMEN
Assalamualaikum wr.wb..
BalasHapusTerima kasih banyak atas materi yang bapak berikan kepada kami semoga ini dapat bermanfaat bagi kami ke depannya amin ya rabbal alamin :)
ANNISYAH
02220110162
MW3
EKONOMI MANAJEMEN
Assalamualaikum wr..wb
BalasHapusTerimakasih banyak atas bahan materi yang bapak berikan kepada kami, melalui blog bapak kami dengan mudah dapat mengakses materi yang pak Abbas Saleh ajarkan kepada kami. mohon izin copy materinya pak
trimakasih.
IRSANDI RAMLI
02320120004
AL 3
SELASA ( 9.40-11.20)
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusTerima kasih atas materi yg bapak berikan. Sangat bermanfaat bagi kami,terutama dgn pembelajaran seperti blog ini sehingga lebih memudahkan bagi kami yg mempunyai aktivitas padat sehari-hari.
Assalamualaikum wr.wb
Divi Yunita (02220120345)
Kelas Eksekutif (Sabtu, 09.40-12.10)
Assalamualaikum Wr.Wb
BalasHapusTerimah kasih atas materi yang diberikan kepada kami.Materi ini memberikan kemudahan dalam belajar Ekonomi Koperasi.Mohon izin untuk mengcopy materi ini.Terima kasih bapaak
Nama: Hasmadi Rahmatulla
Stb : 02220120293
Kelas: A2 , Senin (13.00-15.30)
Assalamualaikum wr.wb.wb
BalasHapusTerimakasih pak utk materi yg bapak berikan di kelas kami..Smg bisa membuka wawasan kami lebih luas lg utk masa depan yg lebih baik.. Amin
Wassalam
Lely Damayanti (02220140556)
Kelas Eksekutif (Sabtu, 09.40-12.10)
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
BalasHapusTerima kasih atas kebaikan bapak dgn membuat blog seperti ini,sangat bermanfaat bagi kami semua,terutama untuk saya.
Nama : Anni Kusumah
Stb : 02220120314
Kelas : Eksekutif (09.40-12.10,sabtu)
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
ssalamualaikum Wr.Wb
BalasHapusTerimah kasih atas materi yang diberikan kepada kami.Materi ini memberikan kemudahan dalam belajar Ekonomi Koperasi.Mohon izin untuk mengcopy materi ini.Terima kasih bapaak ..
Ahmad Amirullah
02220120081
Kelas: A2 , Senin (13.00-15.30)
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusTerima kasih atas materinya pak,insya allah bisa bermanfaat buat kami.
Nama: Muhammad.Sakir
Stb: 02220120411
Kelas: A2 Senin, (13.00-15.30)
Assalamualaikum Wr.Wb
BalasHapusTerima kasih banyak sebelumnya, lagi bapak utk materi bapak yang ke 6 ini mengenani Organisasi Koperasi Dalam Sistem Pasar, sehingga sya sdkit tau bahwa koperasi jga selain di tuntut memberikan manfaat atu kepuasaan bagi anggotax namun, dia jga hrs bisa bersaing dgn badan usaha lainx (pesaing) dalam sistem pasar. Terima kasih byk skali lagi bapak :).
Nama : Diah Wijayanti
STB : 02220120131
Kelas : B2 ( Senin, 08.40-11.20)
Assalamualaikum Wr. Wb.
BalasHapusTerima kasih banyak pak, blog bapak cukup membantu mahasiswanya dalam mendapatkan materi kuliah.
Nama: Andi Risnadirah
No.Stb: 022 2012 0423
Kelas: Eksekutif/Manajemen
Jadwal Kuliah: Hari Sabtu (09.40-12.10)
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusT'makasih banyak utk ilmu yang bermanfaat.. Mohon ijin utk mengcopy materi y pak.. Wassalam
M.Ridwan (022 2012 0309)
Kelas Eksekutif (Sabtu, 09.40-12.10)
Assalamualaikum, ijin copy ke blog sy kembali pak sebagai bahan untuk belajar terima kasih
BalasHapusMukhsin(02220130231) kelas A1/Manajemen ruangan NB402
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamualaikum Wr.Wb
BalasHapusTerimah kasih atas materi yang
diberikan kepada kami pak.Materi ini memberikan kemudahan dalam
belajar Ekonomi Koperasi.Mohon
izin untuk mengcopy materi
ini.Terima kasih banyak pak ..
Nama : AYU FAJARWATI
No. stb : 02220130080
Kelas: B1 , Rabu (13.00-15.30) NB 401
Terima kasih pak atas materi yang diberikan
BalasHapussangat bermanfaat
Nama : Rany Tri Permatasari
Stb : 02220130359
Manajemen Keuangan
Kelas Eksekutif D1, Sabtu (13.00 -15.30)
Assalamu Alaikum Wr. Wb
BalasHapusTerima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Semoga Materi yang Bapak Berikan Bisa Bermanfaat Bagi Kami.
MASYITA NURUL KADRI
022 2014 0529
D1 MANAJEMEN
Ass. Terima kasih pak atas materi yang di berikan dalam blog dan memudahkan kami dlam belajar.
BalasHapusWAHYUNI RUSMADI
KELAS D1 / SABTU 13.00
02220140562
Assalamualaikum wr.wb terima kasih atas materi kuliah yang bapak berikan melalui blog ini.izin mengcopy materi nya bapak
BalasHapus(NellySaggaf,kelas : D1 Manajemen,No.stambuk : 022 2012 0438)
Assalamu Alaikum Wr. Wb
BalasHapusTerima Kasih Pak Atas Materi Kuliah yang Bapak Berikan Melalui Blog ini. Materi yang Bapak Berikan Sangat Bermanfaat Bagi Kami. Ditunggu Materi-Materi Selanjutnya Pak..
Nurbina (02220140554)
Kelas D1manajemen eksekutif
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusTerima kasih pak atas materi yang bapak berikan kepada kami krena melalui blog ini lebih memudahkan kami belajar, dan semoga materi yang bapak berikan bisa bermanfaat kepada kami.
Fitria Nur Ramadhani
Kelas : D1manajemen eksekutif/sabtu13.00
No.stanbuk : 02220140530
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusTerima kasih pak atas materi yang bapak berikan kepada kami krena melalui blog ini lebih memudahkan kami belajar, dan semoga materi yang bapak berikan bisa bermanfaat kepada kami.
Fitria Nur Ramadhani
Kelas : D1manajemen eksekutif/sabtu13.00
No.stanbuk : 02220140530
Asalamualaikum wr.wb
BalasHapusTerima kasih atas materi yang bapak berikan, baik materi yang sebelumnya ataupun materi ini, ini sangat bermanfaat bagi kami semua.
Rahmi Mawarni
022 2015 0483
Kelas D1, sabtu (13.00-15.30)
Assalamualaikum pak
BalasHapusterima kasih atas materi yang bapak berikan melaui blog ini. karena dapat mempermudah mahasiswa untuk mempelajari dimana dan kapan saja.
fatimatuz zahrotul ulfa
022 2015 0490
kelas D1, sabtu (13.00-15.30)